Tips Jitu Berbisnis Barbershop

Akhir-akhir ini bisnis barbershop telah tidak asing lagi. Hampir di seluruh tempat akan kita jumpai sepetak barbershop, entah tersebut barbershop besar maupun kecil. Bisnis barbershop memang lagi berkembang pesat ketika ini.

Dengan menggiatnya bisnis barbershop kini ini, mengindikasikan bahwa bisnis ini paling menjanjikan bila digeluti secara serius?

Anthoni Martun (@dibawahpohon_), seorang pebisnis muda, pendiri Di Bawah Pohon Barber & Shop, membuktikannya sendiri. Barbershop yang dikelolanya semenjak 2 tahun kemudian ini sudah memiliki omzet 90 Juta masing-masing bulannya.

Menjanjikan, bukan? Nah, Anthoni berbagi kisah gimana tips menegakkan bisnis barbershop di Indonesia. Berikut 4 tipsnya laksana dikutip dari Swara Tunaiku

1. Pintar gabungkan tren dan bisnis

Ingat, tidak boleh sampai anda termakan hype saja saat memulai sebuah bisnis. Kamu butuh mempelajari industri tersebut terlebih dahulu. “Sekarang barbershop nggak dapat hanya sekedar memasarkan konsep yang kekinian. Lalu, menomorduakan inti dari bisnis ini, yakni customer service dan end result.”

Namun bukan berarti anda menjadikan tren sebagai musuh. Jadikanlah tren sebagai kawan yang dapat membantumu guna terus berinovasi dalam berbisnis. Misalnya, guna membantu anda mencari konsep yang kekinian dan style yang digemari oleh target pasarmu. Dan, tidak boleh pernah cepat puas. Selalu ingat prinsip seorang barber, “You’re only as good as your last haircut”.

2. Punya mental pebisnis

Cari tahu apa dalil kamu mengawali bisnis ini. Cari deviden sebanyak-banyaknya? Nggak masalah, lumrah dong bila berbisnis tersebut mencari profit. Tapi, bakal lebih bagus lagi bila kamu nggak cuma memburu profit saja.

“Maksud saya dengan mental yang tepat, destinasi dari berbisnis bukanlah sekedar menggali profit semata, tetapi untuk menyerahkan pelayanan terbaik guna customer dan get connected dengan mereka,” ujarnya.

3. Tentukan ciri khas barbershop-mu

Kamu mesti ingat bila yang membuka bisnis barbershop tersebut banyak. Terus, apa yang menciptakan barbershop-mu bertolak belakang dengan yang lain? Nah, anda harus memikirkan urusan itu.

Biar saja barbershop baru terus bermunculan. Kalau anda sudah mempunyai gaya barbershop yang jelas dan dapat menjadi pembeda dari barbeshop lainnya, mereka nggak akan menakut-nakuti keberlangsungan bisnismu kok. Kuncinya, anda harus menilai gaya barbershop yang jelas dan dapat jadi pembeda dengan barbershop lainnya.

Barbershop-mu mesti punya karakter yang nggak barangkali tertukar dengan barbershop lain. Jadi, anda pasti akan punya pelanggan setia yang bakal datang terus ke barbershop-mu.

4. Tanamkan mental ‘pembeli ialah raja’

Pastinya, anda tahu dong prinsip bisnis bila “pembeli itu ialah raja”. Itu juga berlaku di bisnis ini. Kamu dituntut untuk tidak jarang kali sabar dalam menyerahkan pelayanan terbaik pada tiap customer. Walau terkadang customer suka menyerahkan mission impossible, anda tetap sabar saja, ya.

Itu dia 4 tips merintis bisnis barbershop dari Anthoni. Sampai kini pun, walau dapat dibilang sukses, ia nggak pernah berhenti guna terus belajar. Dari sosok panutannya, Miguel Gutierrez atau biasa dikenal sebagai Nomad Barber, ia mempelajari tidak sedikit hal laksana self-branding, kiat barbering dan bagaimana guna terus berinovasi.
Tips Jitu Berbisnis Barbershop Tips Jitu Berbisnis Barbershop Reviewed by Mutia Olyvia on Juli 08, 2018 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.