Obat yang Efek Sampingnya Bikin Mabuk Kendaraan


Pergi berlibur ke luar kota atau negeri tentu menyenangkan, bukan? Namun, ada pun orang yang merasa enggan. Bukan sebab liburannya, tetapi merasa tidak nyaman sekitar di kapal, pesawat, atau mobil sebab mabuk perjalanan (motion sickness). Kondisi ini terjadi dampak tercampurnya sinyal yang dikirim mata, telinga, dan tubuh pada benak selama di perjalanan.

Selain sebab pergerakan kendaraan, ternyata sejumlah obat tertentu dapat meningkatkan risiko dan memperparah gejalanya. Apa saja obat-obatan tersebut?

Kumpulan obat yang sering mengakibatkan mabuk perjalanan

Mabuk perjalanan menciptakan seseorang jadi gelisah, pusing, mual, berkeringat dingin, kelelahan, bahkan menciptakan kulit jadi pucat. Biasanya situasi ini rentan terjadi pada ibu hamil dan orang dengan gangguan kecemasan.

Di samping itu, pemakaian obat-obatan tertentu juga dapat meningkatkan risiko mabuk perjalanan, di antaranya:

1. Pil KB

Berbeda dengan suntik KB yang dilaksanakan 3 bulan sekali, pil KB mesti teratur diminum masing-masing hari. Jika Anda menangkal kehamilan dengan minum obat ini, kita lebih mungkin merasakan mabuk sekitar di perjalanan. Di samping itu, pemakaian obat lainnya yang berisi estrogen pun mempunyai efek samping yang sama.

2. Obat antiparasit

Penyakit tidak hanya diakibatkan oleh virus dan bakteri saja, tapi pun jamur dan parasit. Nah, di antara obat antiparasit yakni Chloroquine (obat malaria) ternyata bisa menimbulkan fenomena mual dan penglihatan jadi buram sehingga dapat meningkatkan risiko mabuk perjalanan.

3. Obat antinyeri

Nyeri tubuh dampak peradangan seringkali diringankan gejalanya dengan obat antinyeri, laksana ibuprofen atau naproxen. Sayangnya, kedua obat ini memunculkan efek samping yang nyaris sama dengan fenomena mabuk kendaraan.

4. Antibiotik

Meski tidak semua, ada sejumlah antibiotik yang memunculkan efek samping yang dapat memperparah mabuk kendaraan, seperti kelompok sulfa, azitromycin, dan erythromycin. Obat ini dirancang khusus guna membunuh dan menghentikan pertumbuhan bakteri tertentu dalam tubuh.

5. Obat lainnya

Selain, diakibatkan oleh kecemasan, mabuk kendaraan pun bisa meningkat parah sebab pemakaian obat antidepresi, laksana fluoxetine, paroxetine, dan sertraline. Kemudian, obat guna gangguan pernapasan, laksana aminofilin , atau digoxin guna penyakit jantung memiliki akibat yang sama.

Bicarakan dengan dokter andai Anda mengonsumsi obat-obatan di atas dan hendak melakukan perjalanan. Dokter barangkali akan merekomendasikan kita obat pilihan atau teknik lainnya untuk meminimalisir risiko mabuk perjalanan.
Obat yang Efek Sampingnya Bikin Mabuk Kendaraan Obat yang Efek Sampingnya Bikin Mabuk Kendaraan Reviewed by Mutia Olyvia on Februari 18, 2019 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.